Denpasar Borong Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali


NARASI CERDAS | BALI — Perwakilan Kota Denpasar pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan yakni Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat sukses menyabet Juara I Tingkat Propinsi Bali. Keduanya mendapatkan hadiah berupa Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Tunai. Keberhasilan kedua wakil Denpasar tersebut tertuang dalam Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Capil Provinsi Bali Nomor : B.28.410/7031/I/DPMD DUKCAPIL tentang Pengumuman Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2023. 

Desa Tegal Harum menjadi yang terbaik kategori desa dan bertenger di peringkat satu. Sedangkan Juara II diraih Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan dan Juara III diraih Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Sementara itu, Kelurahan Pemecutan juga menjadi yang terbaik kategori Kelurahan dan meraih peringkat I. Sedangkan Juara II diraih Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem dan Juara III diraih Kelurahan Semarapura Kauh, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung.

Kadis DPMD Kota Denpasar, I Wayan Buda didampingi Camat Denpasar Barat IB. Purwanasara  mengatakan, keberhasilan dua wakil Denpasar pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Bali ini tidak lepas dari komitmen Walikota IGN. Jaya Negara dan Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa bersama Perbekel/Lurah dan OPD terkait  terkait  dalam meningkatkan standarisasi pelayanan pada jenjang pemerintahan desa/kelurahan. Tak hanya pelayanan, kemanfaatan dan ketertiban administrasi juga patut diberikan apresiasi. Hal ini mengingat keberadaan desa/kelurahan merupakan garda terdepan pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. 

“Iya kita Juara I, Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan, keduanya Juara I, ini merupakan bukti bahwa komitmen meningkatkan pelayanan bagi masyarakat mendapat pengakuan dan apresiasi dari Pemprov Bali,” ujarnya

Camat Denpasar Barat, IB Purwanasara menambahkan  bahwa desa dan kelurahan yang berhasil menjadi juara tingkat provinsi ini nantinya akan maju ke tingkat nasional. Dimana, selama pelaksanaannya Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan merupakan desa kelurahan yang dinilai tertib secara administrasi pemerintahan. Selain itu, keduanya juga mempunyai inovasi dalam mengelola potensi desa. Sehingga secara langsung memberikan kemanfaatan dan dirasakan oleh masyarakat. 

Sementara Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara menyampaikan ucapan syukur dan mendedikasikan keberhasilan ini untuk seluruh masyarakat Desa Tegal Harum dan Kota Denpasar pada umumnya. Menurutnya keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan warga Desa Tegal Harum, BPD, LPM, PKK, Perangkat, Staf serta stakeholder terkait lainnya dalam mengimplementasikan program-program inovasi Desa.

Dikatakannya, terpilihnya Desa Tegal Harum mewakili Provinsi Bali, menjadi bukti nyata bahwa potensi, inovasi dan terobosan-terobosan dinilai layak untuk bersaing dengan desa-desa lain di tingkat regional Jawa-Bali.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin, harapannya tentu Desa Tegal Harum menjadi juara di tingkat regional,” ujarnya

Kedepan, Adi Widiantara mengatakan, keberhasilan ini tentunya menjadi cambuk sekaligus semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Sehingga kedepannya dapat dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat. 

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga Desa Tegal Harum dapat menjadi Juara I, kedepan ini akan menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya. (Ags/Dps).